Kamis, 21 Agustus 2014

ETIKA BER-INTERNET( NETTIQUE)

1. PERLAKUAN E-MAIL SECARA PRIBADI
    
Maksutnya adalah jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda, maka jangan anda mengirim kembali informasi tadi ke forum umum.


2. JANGAN MEMBICARAKAN ORANG LAIN

Maksutnya adalah jangan membicarakan orang lain, apalagi kejelekan-kejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki fasilitas bernama " FORWARD" ytang mengijinkan si penerima akan meneruskannya ke orang lain.


3. JANGAN MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL

Maksutnya adalah karena penggunaan huruf kapital biasanya dianggap berteriak atau marah. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada maksud anda.



4. JANGAN TERLALU BANYAK MENGUTIP

Maksutnya adalah hati-hati dalam melakukan balasan (reply). karena dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam isi surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu.

5. JANGAN GUNAKAN CC

Maksutnya adalah karna CC bersifat umum, yaitu semua orang yang menerima e-mail anda, akan bisa melihat alamat e-mail anda. Dan juga bisa melihat e-mail orang lain juga.

6. JANGAN GUNAKAN FORMAY HTML

maksutnya adalah jika seseorang mengirim sebuah file melalui e-mail anda. Terkadang file tersebut tidak bisa di baca di komputer anda.


7. JAWABLAH SECARA MASUK AKAL

Maksutnya adalah jangan menjawab dua atau tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagim, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar dan anda menjawab dalam satu kata.


8. GUNAKAN SINGKATAN YANG SUDAH LAZIM 

Maksutnya adalah janganlanh menggunakan singakatan kata yang tidak biasa di ungkapkan oleh oramng lain pada umumnya, salah satu contohnya adalah:
1. OI
2. SLT
3. BKN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar